Welcome, guys! Enjoy my Blog :)

Sabtu, 22 Oktober 2016

Tips - tips dan Trik Seputar Menggambar Doodle

Halo kawan, saya hadir kembali dengan membawa sebuah topik pembicaraan yang biasanya sih sering terdengar di beberapa orang yang baru pertama kali melihat doodle, atau pertama kali melihat temannya atau siapapun membuat doodle.
"Eh, kok kamu bisa sih saya kok engga?"
"Kamu kok bisa bikin sih, belajar dimana?"
"Kak, kok kakak jago banget bikin doodlenya? Ajarin dong, kak!"
"Aduuh kak kok saya nyobain bikin tapi susah yah?"
Dan yang terakhir ini bikin kita merasa ... ahh sudahlah -_-
"Kak, bikinin doodle buat saya dong!"
Yeah, sebenernya itu semua pernah saya alami sih, terutama yang paling sering tuh yang terakhir wkwkwk :D Ya mau gimana lagi, mungkin banyak yah yang penasaran gitu dengan mereka yang bisa membuat semacam doodle dan mereka yang melihatnya menjadi tertarik mencoba. Namun mereka sering sekali kehalang sama tembok tebal yang namanya "gak ngerti", "gak tau apa yang harus dibikin", "gak tau cara bikinnya", dan yang terakhir "malas nyari ide". Padahal menurut saya, seperti yang saya tulis di artikel sebelumnya (baca Doodle Art - Menggambar Doodle) doodle ini idenya tuh ga harus nyari-nyari sampai ke negeri Cina kok, toh ketika kamu sedang bosan gabut atau semacamnya idenya bisa tiba-tiba hadir menghiasi kepalamu, asal kamu menyadari kalo itu adalah sebuah ide. Melalui benda-benda di sekitar kita pun sebenarnya bisa, bahkan sampai benda seperti batu pun bisa dijadikan doodle, asal kalian harus sekreatif mungkin menuangkan ide kalian dalam selembar kertas untuk dijadikan doodle. Selain itu ternyata untuk menjadi seorang doodler tidak cukup dengan adanya sebuah ide dan niat untuk menggambar doodle. Berikut ini adalah hal-hal yang wajib kalian punya untuk bisa menjadi seorang doodler :
1. Alat-alat untuk Mendoodle
    Alat untuk membuat doodle tidaklah terlalu sulit untuk dicari, cukup dengan menggunakan drawing pen (kalau saya menggunakan merk snowman karena memang sudah terbukti kualitasnya), selain itu perlu juga pensil dan penghapus, penggaris, sketchbook, spidol, dan beberapa alat penunjang lainnya seperti cat, kapur, kuas, dll.
2. Membuat doodle
    Setelah alat-alatnya kalian dapatkan, kini saatnya untuk membuat doodle. Lah, terus idenya darimana, kak? Kalau seandainya pertanyaan ini yang muncul, maka saya akan malas menjawabnya hahahaha .... begini, doodle itu semacam karya sketsa yang ga jelas bentuknya kadang bermacam-macam bentukpun bisa dijadikan satu doodle. Jadi ide untuk membuat doodle ini terkadang suka muncul secara tiba-tiba ketika kita sedang memikirkan sesuatu atau melakukan kegiatan tertentu. Kemudian setelah kalian menemukan ide untuk doodle kalian, segeralah buka sketchbook kalian dan ambil alat untuk menggambar doodle dan mulailah membentuk sebuah doodle di sketchbook kalian. Tidak masalah kok sebenarnya bila baru pertama kali membuat masih acak-acakan intinya kalian sudah berhasil mengekspresikan ide kalian di kertas.
3. Membuat doodle dengan tema khusus
    Nah, kalau yang ini sih agak lumayan yah. Doodle dengan tema khusus! Sudah pasti temanya bakal gampang ketahuan dan doodlenya juga harus berdasarkan tema yang ditentukan. Jika kalian tidak bisa membentuk sebuah karakter yang benar - benar sesuai dengan temanya, kalian bisa mewakilkannya dengan menyisipkan karakter huruf atau kata-kata yang dapat mewakili tema. Misalnya nih kalian gabisa bentuk karakter yang ada pas hari halloween nih contoh jack o' lantern, penyihir, kelelawar, ataupun sejenisnya yang bertemakan halloween, kalian bisa mewakilinya dengan menuliskan kata-kata yang berkaitan dengan halloween (tapi tidak dianjurkan untuk menggunakan banyak kata dalam doodle, karena bakal jauh dari pengertian doodle itu sendiri). 1-3 kalimat mungkin sudah cukup. Tapi saya yakin kalian sudah bisa membuat karakter bertema khusus kok,ya meskipun masih belum bagus saja bentuknya. Intinya perlu banyak berlatih agar bisa membuat doodle bertema khusus supaya imajinasi kita bisa terasah dengan baik.
4. Finishing!
    Finish? Ya, jika kalian sudah bisa menyalurkan seluruh ide kalian dan menyatukannya dalam bentuk gambar doodle di secarik kertas, maka kalian telah berhasil membuat doodle kalian sendiri. Yosh! Tinggal bagaimana sekarang kalian mempercantik doodle kalian, tergantung selera dan kemampuan masing-masing dalam penyelesaiannya.

Nah ini ada beberapa doodle saya sendiri yang bisa dijadikan inspirasi buat ide-ide kalian.




     Oke itulah tips dari saya tentang bagaimana membuat doodle art. Sekian dari saya, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar